Bandung – SGM Telkom  Corporate University  Jemy V. Confido bersama Deputy SGM Telkom  Corporate University  Arif Rudiana mengenakan Rakor II TCUC 2020 dengan tema  Transforming for Next Digital Things!  melalui  video conference  Zoom, Kamis-Jumat (17-18 / 12). Turut hadir SVP GCT Ikhsan, para  Pimpinan Senior  Telkom  CorpU  serta  Manager  Telkom  CorpU  dan  Expert  dari  GoFM  

dengan jumlah peserta 74 orang.

Mengawali  api pengarahan , Jemy mengatakan Telkom  CorpU  akan Berubah wujud Beroperasi signifikan Dan kemungkinan akan dimulai PADA Januari 2021. SK Pembentukan Telkom  CorpU  Yang baru akan ditandatangan Oleh  CHCO  Dan Otomatis Beroperasi  de jure  Maka CorpU Sudah Berubah wujud Menjadi  New CorpU,  Dan  yang CorpU New  ini memiliki amanah sekaligus mandat untuk mengoperasikan  ITDRI .

“Salah satu alasan mengapa Kementerian BUMN dan  Direksi  Telkom merasa perlu menghadirkan  ITDRI  dan kemudian operasionalnya dimandatkan kepada Telkom  CorpU  adalah karena memang perkembangan yang terjadi di era digitalisasi yang sudah tidak bisa kita hindari lagi,” ujar Jemy.

Lebih lanjut, Jemy menuturkan bahwa di tengah arus digitalisasi yang sedang terjadi, Telkom perlu bersyukur mendapat amanah yang sangat besar. Dipercaya untuk saya memimpin  lembaga digital  yang melayani 12  cluster  BUMN.

Ia pun menjelaskan perlunya bersyukur karena Telkom juga akan menjadi salah satu dari tiga BUMN yang dipercaya untuk menyelenggarakan Leadership & Management Institute bersama WIKA dan Mandiri. Telkom pun diminta me-lead cluster Telecommunication & Media. “Sehingga, dapat dikatakan dibandingkan dengan CorpU-CorpU BUMN yang lain, maka kita mendapat amanah untuk menjadi institute yang paling berpengaruh,” lanjutnya.

Jemy kemudian menjelaskan tentang tiga pilar ITDRI. “Sebetulnya kita sudah mulai mencanangkan tiga pilar ITDRI, yaitu research, innovation, and learning dimana didalam ITDRI kita sama-sama ketahui ada tiga pilar penting tersebut. Yang perlu dicermati adalah kehadiran research dan innovation itu tidak semerta-merta membuat learning-nya sepertiga, karena learning yang kita punya sekarang itu tidak mengecil dengan adanya ITDRI, justru membesar ditambah kita perkuat innovation yang selama ini ada bekalnya di AMA CorpU dan ditambah kita juga meng-memperluas  penelitian  yang sudah berjalan lebih kuat lagi, tidak hanya dengan akademi, butlof, LIPI, dan orang-orang yang memiliki  minat  untuk melakukan  penelitian  dan inovasi untuk kemandirian teknologi Indonesia ”, jelas Jemy.

Sebelumnya, Ikhsan sharing terkait Transformation, How it Impacted to TCU dimana Ikhsan mengatakan Di CSS kita, 2020-2024 dan sekarang sudah diperbaharui dengan 2021-2025, ada 10 strategic initiative dimana kalau kita lihat SI nya dibagi dua besar di area kita kompetisi dan bagaimana kita bisa memenangkan kompetisi itu dari mulai SI-4 dan 10. Kalau kita lihat adalah bagaimana digital connectivity ini harus diperkuat fundamental dan kita akan masuk ke area digital platform dan servicePlatform apapun yang akan kita bangun, solusi vertical apapun yang kita bangun, semuanya harus diatas connectivity kita karena inilah keunggulan kita dibanding dengan player-player yang memang sudah duluan masuk ke data centerbig dataindustry vertical, mereka masuk tanpa mereka punya basic connectivity yang kuat.

Dalam kesempatan yang sama, SM General Support Agus Setiyono melaporkan Rakor II TCUC 2020. Kita ketahui bersama bahwa saat ini Telkom sedang melakukan transformasi bisnis, untuk itu Telkom CorpU juga sedang melakukan proses transformasi menuju New TCUC dengan konsep ITDRI. Untuk menyesuaikan transformasi ITDRI tersebut maka Telkom CorpU telah menetapkan strategic program 2021 dengan tema TALENT. Untuk menjabarkan strategic program tersebut dalam bentuk program dan task ataupun aktivitas di 2021, maka Telkom CorpU melakukan Rakor II TCUC 2020 yang akan diselenggarakan dalam waktu dua hari, Kamis dan Jum’atdan kita lakukan secara online.

Rakor II TCUC 2020 dilaksanakan selama dua hari, dimana hari pertama setelah Expert Sharing dari Ikhsan dan Fire Briefing SGM Telkom CorpU, para peserta juga mengikuti beberapa agenda diantaranya 2020 Performance Report & New TCUC Operating Model and Structure Re-alignment, Sharing New TCUC Program: TALENT, dan Workshop Define 2021 TCU’s OKR yang terdiri dari 6 WG (Transform, Accelerate, Leverage, Excel, Nurture, Triumph) untuk melakukan sprint workshop guna mendefinisikan bagaimana program-program penjabaran TALENT dalam bentuk OKR kemudian menetapkan inisiatif dan juga definisi sampai dengan task-nya.

Di hari kedua, para peserta kembali menghadiri Rakor II TCUC 2020 dengan agenda pitching dari masing-masing leader WG, yang kemudian masing-masing WG diberikan challenge dari SGM dan DSGM. Selain itu, tak lupa ada SGM dan DSGM Notes.

Jemy dalam SGM  Notes  nya menjelaskan catatan dari  inisiatif strategis  kita yaitu  TALENT . Yaitu pertama,  bertransformasi menjadi riset terintegrasi, inovasi, dan akademi digital . Isu terbesarnya saya pikir adalah bagaimana kita mengubah  pola pikir  dari kita yang sekian lam