Setelah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 4 Maret 2021, Telkom CorpU-ITDRI berkolaborasi dengan Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) untuk memperkuat digitalisasi pupuk bersubsidi melalui riset track and trace pupuk. Dengan infrastruktur, platform, serta layanan digital yang dimiliki, maka Telkom CorpU-ITDRI berkomitmen untuk mendukung digitalisasi pupuk di Indonesia dalam distribusi yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Dengan dilakukannya penguatan digitalisasi pupuk bersubsidi, maka subsidi pupuk dapat berjalan dengan efektif sampai kepada para petani dan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Nantinya, hasil kolaborasi riset ini meliputi penyelesaian pengembangan system track and trace (T&T) pupuk bersubsidi PIHC berbasis QR-Code, uji coba system T&T sedang berlangsung di lokasi milik PIHC.

Sesuai dengan arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, diharapkan system T&T pupuk bersubsidi ini mampu meningkatkan efektivitas pupuk bersubsidi agar subsidi pupuk RP 33T setiap tahunnya dapat menghasilkan return yang tinggi disertai dengan harga pokok produksi yang mampu bersaing dengan harga komoditas yang sama dari negara-negara lainnya.

Dalam riset kolaborasi ini, beberapa elemen dari TelkomGroup turut mendukung diantaranya DDB Telkom, DES Telkom, dan Tribe IoT Telkom. (Riri)

169 total views, 2 views today