Ide inovasi akan selalu menjadi ide tanpa perwujudan jika kita tidak melanjutkan proses pengelolaannya. Dalam hal pengelolaan ide inovasi, setelah melakukan seleksi dan develop, Tribe Innovation Management CorpU (TIM) melanjutkan pengelolaan ide inovasinya ke tahap customer validation. Tahapan ini masuk ke dalam kategori incubate. Ide inovasi yang terpilih akan diinkubasi untuk melanjutkan validasi idenya.

Dalam proses customer validation, tim yang mengusungkan ide inovasi akan mengetahui apakah customer membutuhkan ide inovasinya dan apakah ide inovasinya tersebut dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh customer. Dengan begitu, seluruh tim akan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer. Untuk mencapai tujuan tersebut, tim yang sudah terseleksi akan melalui beberapa kegiatan. Yang pertama, mereka akan diajak untuk mendesain dan mematangkan ide inovasinya. Dalam kegiatan tersebut, tim akan mengetahui (tolong ditambahkan). 

Setelah itu, seluruh tim akan mengikuti kegiatan GOOB (Get Out of Building) for validation. Kegiatan ini bertujuan untuk bertemu user secara langsung. Dengan begitu validasinya tidak meraba-raba atau hanya by desk research. GOOB ini akan langsung menyentuh real user melalui wawancara tatap muka. Selanjutnya, seluruh tim akan melakukan customer-problem fit. Dalam kegiatan tersebut, seluruh peserta akan mengetahui suatu kondisi di mana masalah yang diangkat memang valid dan dialami oleh user. Setelah itu, seluruh tim akan memasuki kegiatan mentoring dan monitoring. Dan pada penghujung kegiatan, seluruh tim akan melakukan reporting.

Dengan adanya proses customer validation, ide inovasi yang kita miliki menjadi lebih jelas dan terarah untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Selain itu, kita juga dapat mengetahui, adanya customer yang membutuhkan ide inovasi tersebut. (Riri)

 

203 total views, 2 views today