Telkom Group bekerjasama dengan Telkomsel, Metranet, Dewan Pers, dan Task Force Media Sustainability telah resmi meluncurkan Tanah Air Digital Exchange (Tadex) pada Selasa(29/6).

 

Platform ini berperan sebagai penyedia layanan programmatic advertising terbesar di Indonesia yang menawarkan ruang iklan yang luas. Nantinya, para pengiklan atau advertiser tak perlu lagi bergantung untuk menggunakan jasa platform luar negeri seperti Google Ads. Sehingga nantinya, para pengiklan tak perlu lagi bergantung untuk menggunakan jasa platform luar negeri seperti Google Ads.

 

Selain itu, platform ini akan membuka kesempatan baru bagi sektor industri periklanan digital terutama dari media massa yang membutuhkan value dari advertising.

 

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menceritakan asal muasal berdirinya Tadex ini hingga diluncurkan bersama kolaborasi stakeholder. Ia merasa resah dengan menjamurnya konten dan produksi berita hoax dari berbagai media yang tidak jelas asal muasalnya.

 

Atas dasar kegelisahan itu, Bapak Ririek berinisiatif membuat sebuah platform yang bisa mencegah konten hoax yang banyak berseliweran di ruang digital.

“Kami sepakati harus membuat sesuatu. Saat itu saya curhat ke Dewan Pers dan beberapa media kalau kita perlu sebuah platform yang bisa mengcounter hal itu,” ucap Pak Ririek.

 

Pak Ririek menambahkan, Tadex diyakini mampu memerangi hoax dengan melibatkan media massa yang terverifikasi oleh Dewan Pers.

 

“Di platform kita, hal itu bisa dicegah, ada kurasi dan rating nanti, diharapkan ini akan bisa meminimalisir hoax. Diharapkan juga ini akan menarik advertiser dari luar dengan menggunakan platform ini,” jelasnya Ririek.

 

Hendri Mulya Syam selaku CEO Telkomsel pun berbicara hal senada. Ia menambahkan bahwa Tadex merupakan momentum tepat untuk Telkomsel untuk memperkuat transformasi digital di Indonesia.

 

“Kami optimistis Tadex mampu memberikan manfaat maksimal bagi publisher, advertisers, marketer, dan pihak lainnya,” ujarnya.

 

Melihat inovasi itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengapresiasi inisiatif dari Telkom Group. Menurutnya, Tadex merupakan karya anak bangsa yang patut diapresiasi. Karena platform ini memiliki keunggulan dalam membantu kolaborasi dengan industri media untuk melakukan advertising dan publisher demi menciptakan konten yang berkualitas bagi audience Tanah Air.

 

“Apresiasi untuk dedikasi dan ketangguhan para industri media, periklanan dalam masa pendemi yang sangat menantang saai itu. Kita semua harus optimis dan yakin walau ada pelemahan konsumsi, tantangan ekonomi, kebutuhan periklanan tidak akan hilang. Platform ini merupakan premium publisher, programmatic ads, karya anak bangsa yang tidak kalah dengan Google ad sense. Dari Indonesia untuk Indonesia,” tegas Pak Erick Thohir di acara peluncuran platform Tadex, Selasa(29/6).

 

Sumber: 

cnbcindonesia com

Beritasatu.com

tribunnews.com

102 total views, 1 views today