Kondisi pandemi Covid-19 yang masih bergulir menjadi permasalahan dunia, termasuk negeri ini. Melihat kondisi itu, PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berupaya untuk membantu pemerintah melalui aplikasi PeduliLindungi. Direktur Digital Business Telkom Muhammad Fajrin Rasyid mengatakan saat ini aplikasi tersebut sudah diunduh sebanyak 4.1 juta kali atau sekitar 5% dari total penduduk Indonesia.

 

Buat kalian yang belum tahu, aplikasi tersebut memiliki fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan orang yang telah terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi ini bekerja dengan fitur bluetooth aktif yang fungsinya untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Aplikasi tersebut akan mendeteksi gadget lain dalam radius bluetooth yang terdaftar di PeduliLindungi ini, setelah itu akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam gadget masing-masing.

 

Tak berhenti di situ, Telkom Group akan mengembangkan aplikasi PeduliLindungi nantinya akan bisa mengidentifikasi orang- orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP).

 

Selain aplikasi tersebut, Telkom Group telah membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dengan menyediakan jaringan di area pusat penanganan Covid-19, memonitor peningkatan trafik seluler di area permukiman untuk mengantisipasi penambahan kapasitas dan optimalisasi jaringan berupa pendistribusian trafik pada base transceiver stasions, menyiapkan teknisi aktf untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan peningkatan kualitas layanan, dan yang terakhir mengecek kualitas layanan secara real-time melalui Telkom Integrated Operation Center sebagai pusat monitoring infrastruktur dan layanan Grup Telkom yang beroperasi 24 jam 7 hari seminggu dengan media teleconference dan video conference yang terhubung ke seluruh Network Operation Center di Grup Telkom. (M. Reza Firdaus)

 

Informasi selengkapnya kalian bisa kunjungi di laman ini https://pedulilindungi.id/

Dan kalian bisa download aplikasi PeduliLindungi di sini Download PeduliLindungi

 

Source:

cnbcindonesia.com

swa.co.id

 

278 total views, 3 views today