Telkomsel yang menjadi pioner perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G sejak Mei 2021 lalu. Jaringan yang memiliki keunggulan untuk menghubungkan 1 juta perangkat dalam radius satu kilometer persegi itu juga memiliki nilai plus 100 kali lebih unggul dari 4G seperti rendahnya latensi hingga 1 millisecond yang nyaris mendekati real-time.

 

Atas keunggulan-keunggulan di atas, Telkomsel membuka semua peluang untuk mendukung revolusi 4.0 dengan harapan dapat membantu perkembangan berbagai sektor industri di Indonesia seperti smart city, smart energy, connected offices, hingga smart security.  Layanan 5G juga akan masuk ke dalam teknologi komunikasi yang berguna untuk menjalankan kerja robotika, automasi, instrumen virtual reality untuk manufaktur, sampai augmented reality untuk pengembangan produk.

 

Nantinya sektor manufaktur akan mendorong sebagian besar permintaan untuk Business-to-Business service (B2B) 5G Internet of Things (IoT) dari tahun 2021 hingga 2030. Salah satu alasannya yakni 5G memberikan keandalan, efisiensi, pemangkasan biaya yang diperlukan untuk mengatasi gangguan sistem yang dihadapi manufaktur.

 

Alfien Manullang selaku VP Internet of Things Telkomsel berucap, berkat kecepatannya industri diharapkan dapat memangkas biaya operasional mereka dan meningkatkan produksi melalui Internet of Things (IoT).

 

“Kita melihat, untuk melakukan sebuah transformasi, komponennya banyak. Di situ ada IoT, ada penggunaan artificial intelligence, lalu ada untuk memperkuat connectivity-nya, lalu ada aplikasinya. Nah, biasanya, tergantung strategi dari company itu,” ucapnya.

 

Harapnya di kemudian hari, implementasi 5G akan turun menggaet industri lain seperti konstruksi pertambangan, rantai pasokan, dan sektor pertanian juga akan turut memanfaatkan layanan terbaru dari Telkomsel itu.

 

Daftar Wilayah Layanan 5G Telkomsel

Buat kalian yang penasaran yang ingin mencoba kecepatan unduh hingga 400Mbps hingga 750Mbps ini berikut daftar layanan 5G Telkomsel yang telah tersebat di 10 titik di kota-kota sekitar kalian:

 

  • Medan, GraPARI Merah Putih 
  • Kepulauan Riau, GraPARI Batam Center 
  • Jakarta, GraPARI Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta 
  • Bandung, Institut Teknologi Bandung 
  • Bandung, Telkom University 
  • Solo, GraPARI Solo 
  • Surabaya, GraPARI Pemuda 
  • Denpasar, GraPARI Renon 
  • Balikpapan, GraPARI Mal Balikpapan Baru 
  • Makassar, GraPARI Pettarani

 

Source:

telkomsel.com

kumparan.com

kompas.com

cnnndonesia.com

 

 

 

148 total views, 1 views today