Telkom CorpU-ITDRI menggelar program kolaborasi bersama Reactor School melalui 168 Solution bertajuk Digital Talent Entrepreneur Camp (Dilen EntreCamp) Round 1. Program ini bertujuan untuk mengajak orang-orang, khususnya pelajar SMP-SMA di Indonesia, untuk melek teknologi (menguasai teknologi); meningkatkan nilai inovasi; serta terbentuknya digital talent

 

Pada Demo Day yang diselenggarakan pada hari Jumat, 9 Juli 2021 lalu, acara itu diramaikan oleh 24 tim yang telah terseleksi. Di sana mereka akan melakukan presentasi dan pitching di hadapan para juri untuk menjelaskan ide-ide inovasi mereka untuk menjadi solusi di tengah berbagai permasalahan negeri ini.

 

Salah satu peserta yang mengisi SpeakU kali ini ialah Sulthan Rafi. Seorang siswa Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta ini bersama kedua temannya melaju ke tahap Demo day dengan bendera tim DIVAVOR. Mereka bertiga membuat sebuah aplikasi yang menghubungkan antara para pelajar dengan gurunya di saat Pandemi Covid-19 agar proses belajar mengajar tetap berjalan optimal.

 

Dengan inovasi menariknya itu, tim DIVAVOR mendapatkan Thematic Winner dengan nominasi Resilience Team. Tak hanya mendapat penghargaan itu, Rafi mengaku mendapatkan berbagai ilmu penting dan menarik saat berada di Demo Day.

“Materi yang diberikan pada saat itu tidak ada di sekolah. Kakak-kakaknyanya (mentor) pun baik mulai dari penggunaan kata-kata dan cara menyampaikannya dalam bentuk tulisan praktis dan mudah dipahami. Itu program menurut aku seru banget!,” ucapnya girang.

 

Siswa yang masih berusia 16 tahun itu mengaku dengan bekal materi dan pengalaman pada acara tersebut dapat membantunya untuk membangun mimpi ke depannya.

“Pembelajaran berharga yang saya dapat seperti bagaimana kita melayani customer, meng-influence orang agar membeli produk kita, melakukan pitching ke client dan investor serta bisa menunjukkan keberanian. Itu berharga bagi saya,” tambah Rafi.


Ditanya alasan mengapa ia ingin menjadi seorang pebisnis, Sulthan mengaku ia telah tertarik dengan bidang tersebut saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

“Berhasil mempersuasi seseorang adalah pencapaian terbaik di bidang entrepreneur,” paparnya.

 

Di akhir perbincangan ia pun memberikan pesan kepada teman-temannya untuk di saat pandemi Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif dan malas-malasan. “Jangan pernah untuk melewati kesempatan besar cuman karena gara-gara kemalasan. Jangan pernah menghabiskan waktu dengan hal sia-sia. Semisalkan dengan ikut acara DiLen ini karena benefit-nya super duper banyak banget!,” pungkasnya.

 

Penulis: M. Reza Firdaus

58 total views, 1 views today