Salah satu cara untuk masyarakat ikut berkontribusi kepada negara adalah dengan mendedikasikan dirinya di BUMN.  Termasuk Telkom Indonesia yang memiliki program seleksi bernama Great People Trainee Program atau akrab disapa GPTP. Di tahun 2021 ini tengah berlangsung GPTP XIII secara online. Program ini adalah sarana untuk menyiapkan kualitas individu untuk para calon karyawan Telkom serta memberikan update pengetahuan yang dibutuhkan dalam bekerja nantinya. 

 

GPTP didasari pada rangka pengembangan kompetensi yang berlandaskan core values BUMN yaitu AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) lalu dikolaborasikan dengan Telkom Competency Model berlandaskan Core Values, Technical/Functional Competencies, dan Leadership Competency. Dari sinergi itu akan diwujudkan dalam Telkom 3M, Mega Thinking. Macro Thinking, dan Micro Thinking.

 

Rangkaian Journey GPTP XIII dibagi menjadi tiga kegiatan utama, yaitu:

 

1. Online Character Building 

Diadakan selama seminggu untuk menguatkan wawasan kebangsaan dan membentuk kedisiplinan para peserta sebagai Great People.

 

2. In Class Orientation 

Para peserta akan mempelajari berbagai kompetensi sesuai bidang dan fokusnya selamat satu bulan.

 

3. On The Job Training 

Sebagai sarana pengiaplikasian materi dan ilmu ke dalam sebuah projek.

 

Rangkaian panjang On The Job Training (OJT) yang disokong oleh tim Sprinthink dilaksanakan mulai dari 23 Juli 2021 sampai 31 Agustus 2021, terbagi menjadi tiga bagian program utama, antara lain:

 

  • Project Innovation
  • Project Job Function Assignment
  • Batch Project – Innovation

 

Saat pre-journey OJT, para peserta akan disuguhkan jejeran materi yang terangkum dalam sebuah guidebook. Materi tersebut menjadi sebuah bekal para peserta untuk memecahkan suatu masalah yang akan diselesaikan nantinya dalam rangkaian OJT selama 1 bulan ke depan. 

 

GPTP XIII tahun 2021 ini diikuti oleh 274 peserta dan 66 expert yang siap membimbing peserta untuk mendapatkan berbagai materi. Program tersebut merupakan kolaborasi antara Human Capital Business Partner (HCBP) Telkom, Shared Service Operation (SSO) dan Infomedia dalam pencarian talenta-talenta terbaik Tanah Air. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan agar seluruh pihak dapat merasakan manfaatnya. 

 

Dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum surut, pelaksanaan proses rekrutmen GPTP XIII tahun 2021 ini diselenggarakan secara digital dengan harapan dapat membakar semangat dan dedikasi para insannya untuk menciptakan bisnis yang lebih efektif dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

2,096 total views, 11 views today