Telkom Indonesia mencoba mendorong startup potensial dengan cara investasi dan mengembangkan perusahaan terpilih melalui anak perusahaan Telkom, MDI Ventures. Salah satu startup potensial yang didukung pendanaannya oleh MDI Ventures adalah Nium.

 

Nium yang semula bernama InstaReM merupakan platform layanan keuangan global berbasis di Singapura. Pendanaan yang disuntikan untuk startup itu bertujuan mendukung Nium untuk menjadi mitra lokal dalam ekspansinya di Indonesia, dengan menyediakan platform dan mengamankan lisensi pembayaran Indonesia hingga mengoperasikan layanan remitansi B2B. Hal ini menjadikan Nium sebagai unicorn pembayaran B2B pertama dari Asia Tenggara.

 

Direktur Utama Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah mengungkapkan sinergi antara MDI Ventures dengan startup ini akan meningkatkan pendapatan bisnis digital.

 “Keberhasilan Nium ini sebagai salah satu bukti bahwa strategi TelkomGroup untuk mendukung digital ecosystem melalui startup-startup potensial, baik lokal maupun global mulai menunjukkan hasil yang positif,” paparnya.

 

Ririek menambahkan, melalui Grup Telkom dan MDI Ventures, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat memanfaatkan platform Nium untuk melakukan transaksi keuangan dari mana saja di dunia melalui satu platform. Selain itu, adanya dukungan infrastruktur telekomunikasi dengan jangkauan luas yang dimiliki Grup Telkom juga sangat membantu penyediaan kelancaran layanan digital dan fintech di Indonesia. 

“Tentunya akan menjadi kebanggaan bagi Grup Telkom jika banyak unicorn lain yang terus lahir dari portofolio kami, khususnya start-up lokal yang eksis di dalam maupun luar negeri,” tambahnya.

 

Selaras dengan Ririek Adriansyah, CEO MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan, pencapaiannya menjadi unicorn sangat didukung oleh sentimen pasar yang mengakselerasi digitalisasi dan sentimen investasi yang tetap optimis mendukung start-up teknologi.

“Kami harap ini menjadi awal yang baik bagi MDI Ventures sebagai corporate venture capital yang tidak hanya berkontribusi dalam hal synergy revenue Grup Telkom, namun juga breeding new unicorn,” pungkasnya. 

 

Dengan memanfaatkan platform Nium, perusahaan-perusahaan Indonesia dapat melakukan transaksi keuangan dari seluruh penjuru dunia hanya dengan menggunakan satu platform saja. Jangkauan infrastruktur telekomunikasi yang dimiliki Telkom juga sangat menunjang kelancaran layanan digital dan fintech di Tanah Air.

Source:

Telkom.co.id

Investor.id

Beritasatu.com 

160 total views, 1 views today