Yayasan Kesehatan Telkom terus berinovasi dengan pembuatan
Health Check Box berbasis Internet of Things (IoT). Memiliki visi menjadi institusi kesehatan terbaik di Indonesia dalam mengelola Layanan Kesehatan dengan memanfaatkan teknologi digital, hal tersebut tentulah menjadi sebuah pembuktian Yakes dalam meningkatkan pelayanannya dengan memanfaatkan teknologi digitalisasi.

 

Health Check Box berbasis IoT yang dinamai Courtesy Box itu memungkinkan untuk melakukan pengecekan vital sign terhadap pasien mulai dari berat badan, tinggi badan, suhu badan, tekanan darah, dan kadar oksigen secara mandiri. Nantinya data tersebut akan langsung terkirim ke cloud sehingga data pasien langsung dapat ditampilkan di layar dokter. Courtesy Box sendiri akan di-launching pada 17 Agustus 2021 dan langsung diaplikasikan di Klinik Yakes Jl. Percetakan Negara Jakarta.

 

Yakes tak bergerak sendirian, bersama Telkom CorpU-ITDRI, kolaborasi tersebut menggarap berbagai proses development seperti desain sistem Health Check Box, reverse engineering perangkat pengukuran medis, penyiapan perangkat Single Board Computer sebagai interface user dan alat ukur, fabrikasi box dan perangkat elektronik pendukung, serta integrasi dengan sistem Yakes.

 

Berbincang dengan Hedi Krishna selaku Manager Research Operation Telkom CorpU-ITDRI, ia mengatakan ke depannya, box ini akan disebarluaskan ke berbagai lokasi untuk memudahkan pengecekan kesehatan para peserta Yakes di kantor-kantor atau daerah yang jauh dari klinik Yakes.”Box ini selain berguna untuk deteksi awal gangguan kesehatan para peserta Yakes, hadirnya Health Check Box ini juga penting untuk penghematan biaya operasional,” paparnya.

 

Yayasan Kesehatan Telkom sendiri menyediakan beberapa layanan lan, seperti:

 

  • Rawat Jalan Tingkat Pertama
  • Rawat Jalan Tingkat Lanjut
  • Rawat Inap
  • Home Health Care
  • Layanan Restituti

 

Penulis: M. Reza Firdaus

97 total views, 3 views today