Kolaborasi antara Community Development Centre (CDC) Telkom Indonesia bersama Telkom CorpU-ITDRI melahirkan sebuah program bertajuk Wirakriya Milenial. Singkatnya program ini adalah sebagai bentuk dukungan dalam memajukan para pelaku ekonomi lokal khususnya milenial. 

 

Program Wirakriya Milenial ini menjadi wadah pengembangan inovasi dan kreativitas wirausaha di Indonesia. Melalui serangkaian pelatihan, workshop, dan pembiayaan modal kepada wirausahawan muda, program ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi dan skala usaha wirausaha. 

 

Wirausaha milenial yang merupakan ekonom muda diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja baru, terutama dari lingkungan sekitar. Para wirausaha milenial ini juga diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat agar semakin memajukan bisnis dan usahanya.

 

Pada perhelatan perdananya, CDC Telkom Indonesia bersama Telkom CorpU-ITDRI, dan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Republik Indonesia menggelar rangkaian Program Wirakriya Milenial 2020 yang ditujukan kepada wirausaha di Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Kelimanya merupakan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

 

Total ada 2.000 peserta yang mendaftar pada acara itu. Rinciannya, Labuan Bajo 351 proposal, Danau Toba 492 proposal, Mandalika 327 proposal, Likupang 337 proposal, dan Borobudur 500 proposal. Melihat dari animo masyarakat untuk mengikuti program ini, jumlah tersebut jauh melampaui target yang diperkirakan sebelumnya, yaitu 200 peserta per lokasi.

 

Berbincang bersama Annisa Rizki selaku Officer School of Digital Leadership and Transformation Telkom CorpU-ITDRI, ia mengutarakan bahwa respon para peserta sangat positif dan berharap kedepannya akan ada program seperti ini yang dapat mendukung pengembangan UMKM di Indonesia

“Kedepannya akan diadakan kembali program tersebut dengan menyasar lima tempat lainnya di Indonesia. Dengan adanya program Wirakriya ini diharapkan milenial Indonesia berani berinovasi dan mengembangkan UMKM serta membantu para pelaku ekonomi milenial terutama dalam menghadapi tantangan di tengah pandemi Covid-19,” Jelasnya.

(M. Reza Firdaus)

126 total views, 1 views today