Di era industri 4.0, transformasi digitalisasi dalam teknologi semakin terasa. Tak hanya dirasakan oleh konsumen, para pelaku industri pun harus hidup berintegrasi dengan dunia online dimana internet telah menjadi penopang utama saat ini. Peralihan acara offline yang diselenggarakan secara online pun dimanfaatkan oleh Telkom CorpU-ITDRI saat merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

 

Melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara, logo dan tema HUT ke-76 RI kali ini adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Hal itu mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

 

Melihat akan hal itu, Telkom CorpU-ITDRI bersama smarteye.id turut merayakan 17 Agustus 2021 dengan meluncurkan website bumnkita.id yang dipersembahkan oleh Smarteye Virtual Convention Center (SVCC). Di laman tersebut, para penonton bisa menikmati berbagai suguhan acara seperti menonton video perjuangan Indonesia, video proklamasi, bahkan menonton Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara langsung dari Istana Negara.

 

Tak hanya suguhan yang ciamik, dalam website itu juga para peserta diajak mengumpulkan poin dengan cara menonton video dan bermain mini games, nantinya poin-poin yang telah dikumpulkan dapat diikutsertakan untuk mendapatkan doorprize menarik.

 

Smarteye Virtual Convention Center (SVCC) adalah sebuah virtual expo yang menggabungkan dunia imersif dengan penggabungan panorama 360°. Hadirnya teknologi platform media virtual ini ialah untuk menjadi jembatan peralihan acara luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring) bagi customer khususnya penyelenggara acara yang ingin tetap terhubung dengan audiens di seluruh dunia, baik internal untuk karyawan maupun industri global atau berbasis pelanggan.

 

Di masa yang akan mendatang para pengunjung pameran akan disuguhkan konten real capture dengan desain & animasi 3D visual secara 360° yang menakjubkan serta memiliki resolusi tinggi hingga 4K. Dengan hadirnya teknologi canggih ini para audiens tentunya bisa menikmati acara seperti berada di lokasi sebenarnya saat itu.

 

SVCC ini bisa digunakan untuk berbagai acara seperti showcase produk, job/career fair, pemasaran / promosi produk & layanan, graduation ceremony, konser musik dan masih banyak lagi. Tak perlu khawatir, untuk menikmati SVCC ini para pengunjung tak perlu menggunakan peralatan Virtual Reality (VR) khusus.

 

Berbincang bersama Fahmi Rahmadani selaku CEO & Chief Technology Officer smarteye.id Mengungkapkan dengan kehadiran SVCC ini diharapkan dapat menciptakan infrastruktur digital generasi berikutnya bagi masyarakat di tanah air.

“Masuk ke industri 4.0 melalui pengembangan konten Virtual Reality (VR) yang berkualitas

tinggi di Indonesia, memberdayakan serta mewujudkan bisnis yang inovatif dalam meningkatkatkan pengalaman yang interaktif di masa depan, dan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi seluruh audiens,” ungkapnya.

 

Tak berhenti di situ, SVCC sendiri akan mengembangkan fitur-fitur terkini untuk ke depannya seperti sistem absensi yang terintegrasi dengan sistem perusahaan, fitur virtual tour, animasi avatar untuk pengalaman yang lebih unik, serta penambahan visual ruang auditorium khusus untuk menteleportasi audiens dari dunia nyata ke dunia virtual dengan mudah dan semakin terasa nyata.

 

(M. Reza Firdaus)

90 total views, 1 views today