Bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Yayasan Kesehatan Telkom menyelenggarakan kegiatan Soft Launching Yakes Care Corner (YCC). Yakes Care Corner dipersiapkan sebagai bentuk implementasi atas pemanfaatan teknologi digital dalam pelayanan kesehatan.

 

Tidak sendirian, Yakes Telkom bersinergi dengan Telkom CorpU-ITDRI dalam meluncurkan terobosan di dunia digital dan kesehatan ini dengan melakukan riset dan inovasi digitalisasi klinik dan pelayanan kesehatan berupa pilot project untuk menyiapkan digitalisasi Medical Box berbasis Internet of Things (IoT) untuk pemeriksaan tinggi badan, berat badan, suhu tubuh, oximeter, pengukuran tensi dan dukungan bagi tele konsultasi berupa video call yang akan dipergunakan antara pasien dengan dokter.

 

Direktur Utama Yakes, Tri Priyo Angoro memaparkan dengan adanya piloting project ini diharapkan kedua pihak untuk dapat menjadi corrective input untuk enhancement di pengembangan berikutnya guna memberikan layanan yang lebih baik ke pasien. “Telkom Corporate University dan Yakes berharap nantinya product care corner ini bisa melebarkan sayap dan diimplementasikan di seluruh klinik tanah air sehingga dapat meningkatkan layanan kesehatan sampai penjuru Indonesia,” paparnya.

 

SGM Telkom CorpU-ITDRI, Jemy V Confido merasa bangga di tengah kondisi pandemi Covid-19 namun Yakes Telkom tidak surut untuk melakukan inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang terus dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan di berbagai bidang salah satunya di bidang kesehatan. “Saya yakin ini akan menjadi cikal bakal implementasi e-health di lingkungan TelkomGroup bahkan BUMN secara luas. Apabila cabang-cabang Yakes di seluruh Indonesia telah terkoneksi dengan Yakes Care Corner ini dapat memudahkan proses diagnosa dokter dan tenaga medis lainnya untuk mengambil tindakan dengan cepat dan tepat,” ucap Jemy.

 

Diakhir perbincangan Jemy pun mengucapkan rasa terima kasihnya serta merasa sangat optimis dengan adanya YCC ini menjadi bukti implementasi kolaborasi sebagaimana yang diamanahkan dalam core values AKHLAK. Inovasi ini merupakan sebuah milestone yang sangat penting untuk selanjutnya bisa melangkah maju demi pencapaian-pencapaian yang jauh lebih besar, serta impact dan manfaatnya dapat dirasakan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ke depannya Yakes dan Telkom CorpU-ITDRI akan mengadakan ceremonial launching di bulan September 2021 dengan audience yang lebih luas.

 

(M.Reza Firdaus)

155 total views, 1 views today