Tantangan menuju dunia digital dirasakan oleh segenap masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Saat ini, masyarakat tengah dihadapkan oleh situasi perubahan teknologi dan persaingan global. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan matang dari segala bidang, salah satunya di bidang perikanan dan ilmu kelautan di Indonesia.

Telkom Corporate University (Telkom CorpU)-Indonesia Telecommunication & Digital Research Institute (ITDRI) berkolaborasi dengan IPB University membangun sebuah website dengan konsep co-creation dengan nama Fisheries Cyber Center (FCC) untuk mewujudkan konsep Fisheries and Marine Science 4.0

Website FCC dibangun dengan konsep 3D, Virtual Reality, dan Augmented Reality. FCC ini menjadi use case untuk Amoeba Smarteye dalam meningkatkan portofolio produknya yaitu Virtual Tour. Fungsi dari virtual tour ini sedang dalam proses validasi kemampuannya untuk menampung VR-based touring experience dan commercial transactions untuk kepentingan industri.

Fisheries Cyber Center (FCC) merupakan program digitalisasi data perikanan dan kelautan Indonesia yang mengusung konsep co-creation. Website ini akan menjadi wadah kolaborasi bagi para pelaku di bidang perikanan dan kelautan Indonesia. Telkom CorpU-ITDRI akan berkolaborasi dalam mengembangkan FCC dengan menggaet 50 Universitas di Indonesia yang memiliki jurusan perikanan dan kelautan. 

Tak sampai disitu, FCC telah melakukan sebuah survei. Menurut survei tersebut, sebesar 86,7 persen dari 192 mahasiswa dan fresh graduate Perikanan dan Ilmu Kelautan belum merasa puas dengan ekosistem pendidikan di jurusannya. Selain itu, kesiapan untuk masuk ke dunia kerja menjadi masalah utama ketidakpuasan pembelajaran akademis di jurusan Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Demi mengatasi tantangan tersebut, Telkom CorpU-ITDRI melalui FCC bekerja sama dengan IPB akan menggelar virtual event bertajuk Orientasi Bersama FCC 2021 pada tanggal 1-12 September 2021. Event yang didukung oleh myDigiLearn dan Smarteye.id ini juga akan dihadiri oleh lebih dari 4000 peserta. Orientasi Bersama FCC 2021 juga menjadi kegiatan orientasi lintas kampus dengan peserta terbanyak.

Adapun tujuan diadakannya event Orientasi Bersama FCC 2021 antara lain adalah untuk mempererat kolaborasi bersama mahasiswa baru Perikanan dan Ilmu Kelautan, mengembangkan bakat digital di dunia perikanan dan kelautan, serta memperkenalkan kampus-kampus PIK secara virtual tour, mengingat ada lebih dari 30 kampus PIK yang akan terlibat dalam event ini.

 

Orientasi Bersama Mahasiswa Baru Perikanan dan Ilmu Kelautan

FCC memiliki sub-program bertajuk Orientasi Bersama, sebagai salah satu wujud upaya dalam rangka persiapan menuju perubahan teknologi dan persaingan global, khususnya di bidang perikanan dan ilmu kelautan Indonesia.

Hal ini didasari oleh dunia digital yang tidak mengenal batas geografi, bahkan batas-batas entitas. Oleh karena itu, FCC membuat orientasi bersama antar kampus Perikanan & Ilmu Kelautan se-Indonesia yang pertama kali dibuat untuk mencapai kesiapan menghadapi dunia digital.

Orientasi Bersama FCC 2021 memiliki 3 aktivitas event, di antaranya:

  • Rangkaian pertama (1-10 September 2021): Digitalized Self Learning

Selama dua minggu, mahasiswa baru akan dikenalkan mengenai dunia perikanan melalui interactive learning berupa video interaktif yang diakses melalui Digilearn, dengan materi: 

  • Apa itu PIK? (Kelas pembelajaran mengenai Perikanan dan Ilmu Kelautan).
  • Karier di PIK (berbentuk recorded webinar).
  • What they say about PIK? (Berbentuk video dari dosen dan alumni Perikanan dan Ilmu Kelautan).

Peserta yang mengikuti kegiatan ini nantinya akan mendapatkan sertifikat resmi dari Telkom.

  • Rangkaian kedua (11 September 2021): Virtual Reality Game “The Amazing Race”, yakni lomba tim antar kampus sambil mengunjungi kampus-kampus PIK se-Indonesia secara virtual.

Rangkaian ketiga (12 September 2021): Webinar dan workshop dari berbagai stakeholders FCC, seperti IPB, FP2TPKI, dan lain sebagainya.

157 total views, 5 views today