Indonesia yang memiliki potensi luar biasa di bidang pariwisata haruslah dimanfaatkan dan dikembangkan secara efektif. Atas dasar hal itu Telkom Indonesia turut mendorong digitalisasi ranah pariwisata tanah air melalui Wonderin.id. Bersama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Republik Indonesia (RI), Telkom mengembangkan Jaringan Pariwisata (JP) Hub dengan Wonderin.id sebagai penunjangnya. 

 

Wonderin.id merupakan platform digital pariwisata Indonesia yang dirancang sebagai solusi teknologi untuk mendorong pengembangan ekosistem pariwisata. Platform tersebut menghadirkan layanan unggulan yang mencakup exploration ground data systems (xGDS). Fungsinya untuk membangun jembatan serta jaringan yang kuat dengan mitra pariwisata dalam memasarkan produk dan layanan, menyederhanakan akses distribusi, serta informasi dan analisis bisnis perjalanan untuk meningkatkan pengalaman transaksi bagi para mitra.

 

Platform digital itu memiliki kemampuan untuk mengelola layanan Big Data, alat pemasaran, dan kebutuhan digitalisasi, membantu digitalisasi pariwisata, serta menjadi pusat Informasi pariwisata. Tourism Information Center bertujuan untuk menjadi pusat informasi destinasi-destinasi pariwisata tanah air. Agar para para turis tidak kesulitan mencari informasi terkait wisata dan destinasi di Indonesia.

 

Turut menggandeng PT. Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), dan PT Sarinah (Persero) kerjasama ini demi mewujudkan digitalisasi industri pariwisata di destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) di Indonesia. Ruang lingkup kerja sama tersebut, meliputi pelatihan dan pendampingan pelaku pariwisata dalam digitalisasi sektor akomodasi, tempat wisata, dan paket wisata.

 

Program digitalisasi industri pariwisata dimulai dari lokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasi ini merupakan DPSP yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Target pelaksanaan digitalisasi atau onboarding sendiri terdiri dari sepuluh kabupaten, yaitu Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Timur, Kabupaten Ngada, dan Kabupaten Nagekeo. Kemudian, Kabupaten Ende, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Flores Timur, serta Kabupaten Alor. 

 

Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid mengatakan, Telkom berusaha untuk melakukan transformasi bisnis menjadi perusahaan telekomunikasi digital melalui tiga pilar utama, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital service.

 

“Wonderin.id dan TravelAja merupakan komitmen Telkom untuk memajukan travel dan tourism Indonesia melalui digital service, optimalisasi infrastruktur, dan layanan digital,” ucapnya 

 

“Telkom juga tengah berfokus mengembangkan beragam layanan digital untuk ekosistem lain, seperti pendidikan, kesehatan, agrikultur, dan logistik. Dengan adanya digitalisasi, kami optimistis ekonomi nasional akan semakin terakselerasi, sehingga mampu menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” ungkap Fajrin.

 

Sementara itu, Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi menyatakan rasa gembiranya atas sinergi antara Telkom dengan Garuda Indonesia untuk mengoptimalkan potensi masing-masing.

 

“Di sini kita saling mendukung dan melengkapi industri pariwisata, khususnya terkait penerbangan dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19. Ke depannya diharapkan kerja sama ini dapat diperluas hingga bisnis kargo dan logistik,” ucapnya.

 

Atas tujuan itu semua, Wonderin.id diharapkan untuk mendampingi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) setelah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan pelaku pariwisata. Hal itu dilakukan guna menjadi motor penggerak pertumbuhan perekonomian pariwisata nasional serta kemajuan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Untuk info lebih lanjut kalian bisa kunjungi laman resmi wonderin.id.

 

Source: 

Wonderin.id

Kompas.com

82 total views, 2 views today