Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang sulit diprediksi, berbagai UMKM dan perusahaan besar wajib memutar otak untuk menjaga kestabilan usahanya. Salah satu faktornya adalah mengenai informasi yang konsumen konsumsi nantinya. Hadirnya teknologi serta pesatnya digitalisasi memberikan kemudahan pelaku usaha dan konsumennya tetap terhubung melalui platform-platform digital.

 

Dalam bisnis digital, komunikasi menjadi ujung tombak untuk mendapatkan awareness dari publik tentang produk yang dipasarkan. Sayangnya, tak semua perusahaan dan UMKM paham strategi itu. Melihat fenomena itu, pada awal tahun 2020 Telkom Indonesia mengkomersialisasikan Omni Communication Assistant (OCA) Indonesia demi menyuguhkan solusi di tengah pandemi.

 

OCA Indonesia merupakan layanan omni-komunikasi yang dapat menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan konsumen agar mendorong engagement untuk lebih melejit. Solusi omni-komunikasi sendiri dilakukan lewat penyebaran pesan melalui telepon, email, SMS, dan WhatsApp dalam skala banyak dan waktu bersamaan. 

 

CEO OCA, Rizki Primasakti menerangkan bahwa OCA hadir berawal dari salah satu dari program digital Amoeba milik Telkom, yang didesain untuk memudahkan komunikasi internal Telkom. Seiring berjalannya waktu dan terus berkembang platform tersebut menjadi sebuah solusi omni-komunikasi yang bisa dinikmati khalayak luas.

 

“Saat ini layanan komunikasi dari berbagai channel dan platform bisa terintegrasi dalam satu sistem. OCA hadir agar memudahkan pemilik bisnis untuk meningkatkan customer experience serta engagement-nya,” terangnya.

 

OCA juga diperkaya dengan sistem customer relationship management (CRM) sehingga objektifnya tidak hanya meningkatkan komunikasi, tetapi juga engagement. Dengan memanfaatkan layanan tersebut, diharapkan perusahaan dan UMKM dapat menjangkau dan menjaga customer lebih luas lagi dengan cara yang efekif dan efisien.

 

Dengan sederet fitur-fiturnya OCA Indonesia diharapkan dapat membantu perusahaan dan UMKM melakukan transformasi digital dan memanfaatkan peluang di tengah keterbatasan.

Informasi lebih lanjut, kalian dapat mengunjungi laman resmi mereka di ocaindonesia.co.id

 

(M. Reza Firdaus)

68 total views, 1 views today