Berawal dari persoalan para pelaku usaha kecil maupun perusahaan besar yang tidak memiliki banyak waktu untuk merespon pesan dari para pelanggan, Telkom Indonesia melalui anak usahanya, Vutura meluncurkan Platform Chatbot dan AI Solution. Vutura mengembangkan asisten virtual untuk berbagai perusahaan agar dapat meningkatkan dan mempercepat proses penjualan, penawaran, pelayanan dan kenyamanan pelanggan guna meningkatkan customer engagement experience.

 

Memanfaatkan teknologi Natural Language Processing (NLP), Vutura dapat mengoptimalkan interaksi antara manusia dan mesin serta juga menjadi solusi yang lebih fleksibel agar memudahkan para pelanggan. Menggunakan teknologi AI, Chatbot Vutura dapat berkomunikasi secara komperhensif, seperti memahami konteks obrolan, sinonim, dan kesalahan pengetikan secara akurat. 

 

Berbincang lebih dalam mengenai pengembangan Vutura, Riztama Prawita memaparkan berangkat dari permasalahan pemilik bisnis skala besar maupun skala kecil banyak permintaan-permintaan di mana mereka harus bisa melakukan penyesuasian mesin penjawab otomatis ini sesuai dengan bidangnya masing-masing. “Penyesuaian itu meliputi bagaimana dia meng-custom bahasa Chatbot. Kedua mereka mau personalisasi untuk menentukan channel ads nya sendiri,” papar Co-Founder Vutura.

 

Berikut beberapa produk dan layanan yang Vutura suguhkan:

 

  1. Chatbot builder
  2. Analytics
  3. Helpdesk

 

Untuk memudahkan customer, Vutura dapat diintegrasikan dengan aplikasi instant messaging yang populer digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti WhatsApp, Facebook Messenger, LINE dan Telegram. Tak sampai di situ, platform ini juga dapat dihubungkan dengan website atau mobile apps milik klien.

 

“Harapnya dapat berjalan sesuai dengan purpose-nya. We want to help peoples to serve million of their customers with ease. Kita ingin bantu orang untuk bantu orang,” pungkas pria kelahiran asal Bandung itu.

 

Sejumlah institusi besar yang telah menyicipi pelayanan Vutura di antaranya adalah Telkom Indonesia, Kimia Farma, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Jakarta Smart City, Jamanow, Allure Industries, FDC Dental Clinic, Diarium, Yakes Telkom, dan Global Komunika.

 

(M. Reza Firdaus)

82 total views, 1 views today