Telkom CorpU melalui ITDRI Berkolaborasi dengan BUMN Tambang menggelar Synergy Forum Telkom dan BUMN Tambang. Forum ini digelar untuk menjajaki kolaborasi riset dan inovasi antara Telkom CorpU melalui ITDRI selaku digital hub dengan BUMN tambang. Adapun yang menjadi lingkup kolaborasi keduanya yaitu pemanfaatan IoT, Big Data dan AI, serta pengembangan digital talent.

Dalam kesempatan tersebut, Senior Manager Innovation & Research Management, I Ketut Agung Enriko memaparkan materi terkait Smart Mining 5.0 yang merupakan digitalisasi pertambangan mulai dari hulu ke hilir. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi cost, serta meminimalisir risiko dengan penggunaan teknologi IoT dan AI. Lebih dari itu, materi ini disampaikan juga untuk meningkatkan daya saing industri tambang Indonesia dengan negara2 lain, mengingat industri tambang adalah salah satu penyumbang PDB ekspor non-migas terbesar yaitu sekitar 25%.

Di akhir pemaparannya, Enriko menyimpulkan bahwa setiap perusahaan atau entitas memiliki masalah dan kebutuhannya masing-masing untuk mengembangan teknologi informasi, masalah konektivitas dan jaringan masih mengemuka, serta perlunya diadakan riset sesekali sebelum memasuki ranah bisnis.

Adapun peserta yang mengikuti forum ini adalah para leaders (level GM, Manager, dan tim teknis) dari BUMN tambang: Mind ID, Inalum, Antam, Bukit Asam, Timah dan Freeport. Untuk melihat lebih lengkap perjalanan Telkom CorpU-ITDRI dalam berkolaborasi dan mencetak digital talent, silahkan ikuti rangkaian acara ITDRI Festival 2021 di fest.itdri.id. (Riri)

 

127 total views, 6 views today